"Penulis yang baik , karena dia menjadi Pembaca yang baik"

Jumat, 26 Mei 2017

MODUL ERP ACCOUNTING DAN MARKETING

  1. Financial Accounting Module, merupakan inti/core atau dasar dari kebanyakan sistem software ERP. Karena Modul Finasial ini mampu untuk mengumpulkan data keuangan dari berbagai departemen fungsional, dan mampu untuk menghasilkan laporan keuangan yang sangat berharga . Beberapa fungsi financial accounting module : 

    • ·         Menghandle semua account yang berhubungan dengan masukan atau entri dan menghandel dampak dari entri tersebut terhadap system secara keseluruhan.
    • ·         Mencatat semua proses keuangan yang masuk dan juga mencatat semua bagaimana keuangan tersebut digunakan.
    • ·         Dengan adanya Modul ini, maka para pemilik perusahaan akan diberikan gambaran mengenai posisi keuangan meraka dan akan sangat membantu mereka dalam mengambil keputusan yang sifatnya sangat strategis.
    • ·         Dengan adanya software finasial ini pula, manajemen dapat mengetahui kondisi finansial perusahaan mereka kapan saja dan dimana saja.

    • Modul Financial Accounting,terdiri atas beberapa submodul sebagai berikut :

    • General Accounting adalah sebuah modul yang ditujukan untuk menyediakan pengukuran berkelanjutan terhadap keuntungan perusahaan. dan juga modul ini digunakan untuk mengukur kinerja keuangan perusahaan berdasarkan pada data transaksi internal maupun eksternal.
    • CO-Controlling berfungsi dalam Cavital Invesment , aktivitas keuangan perusahaan, pendanaan terhadap pembelian, pengadaan, penggunaan dana untuk setiap area dan pengendalian terhadap biaya serta profit yang berdasarkan semua aktivitas perusahaan.
    • Invesment Management adalah modul yang digunakan untuk menganalisis kebijakan investasi jangka panjang dan fixxed assets dari perusahaan dan membantu menajemen dalam membuat keputusan.
    • Enterprise Controlling berfungsi dalam memberikan akses bagi enterprise controoller mengenai hal-hal seperti; kondisi keuangan perusahaan, hasil dari perencanaan pengendalian perusahaan, investasi, maintenance aset perusahaan, dll.
    •  Treasury , modul ini berfungsi untuk mengintegrasikan atara cash management dan cast forecasting dengan aktivitas logistic dan transaksi keuangan. 

  1. Penjualan / Marketing

Kelompok modul ini terdiri atas serangkaian modul-modul yang ditujukan untuk mendukung aktivitas penjualan dan distribusi. Secara umum sistem penjualan dan distribusi terdiri atas beberapa submodul sebagai berikut :
·         Master Data Management
·         Order Management (Sales Order Management dan Purchase Order Management)
·    Warehouse Management (Inventory Planning, Inventory Handling, Inventory Reporting, Inventory Analysis, Intelligent Location Assignment, Lot Control, Distribution Data Collection)
·         Shipping
·         Billing
·         Pricing
·         Sales Support
·         Transportation
·         Foreign Trade

Sales & Distribution In ERPPada software SAP, modul sales & distribution terdiri dari 6
events, yaitu:
• Presales activities
• Sales order processing
• Inventory sourcing
• Delivery
• Billing
• Payment

Events 1: Presales Activities
• Merupakan langkah pertama dari proses sales & distribution.
• Customer dapat mengetahui informasi harga melalui inquiry dan sales quotation.
Events 2: Sales Order Processing• Merekam sales order.
• Informasi sales order antara lain mencakup
customer information (nama, alamat, telp, dsb) serta barang yang
dipesan (nama, harga, jumlah, diskon, dsb).
• Pada proses ini, SAP ERP akan memeriksa tabel
account
receivable
untuk mengkonfirmasi kredit yang dimilikicustomer.
Events 3: Inventory SourcingAvailable-to-promise (ATP) check: Memeriksa inventory
records
dan production planning records untuk melihat
apakah material yang diminta tersedia dan dapat dikirim
pada waktu yang diinginan
customer.
Events 4: Delivery• Membuat dokumen yang digunakan oleh warehouse untuk
mengambil, mengemas, dan mengirim pesanan.

Events 5: Billing• Membuat invoice berdasarkan data sales order.
• Bagian akuntansi dapat mencetak dokumen ini untuk diserahkan ke konsumen (misalkan melalui: pos, fax, email,
dll)

Events 6: Payment• Merekam pembayaran costumer.
• Pembayaran secara elektronik secara otomatis dapat direkam oleh sistem SAP ERP.
• Pembayaran secara manual (misal: cek) memerlukan input data secara manual oleh petug
  

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Labels